5 Tutorial, Trik dan Tips Sederhana Menjaga Kartu Kredit Agar Tak Cepat Rusak Terbaru Tahun 2018

5 Tutorial, Trik dan Tips Sederhana Menjaga Kartu Kredit Agar Tak Cepat Rusak Terbaru Tahun 2018

Selain menjaga keamanan dari resiko penyalahgunaan oknum yang tidak bertanggung jawab, kamu juga perlu melindungi kartu kredit dari kerusakan fisik. Kartu kredit yang rusak bisa berdampak pada gagalnya transaksi saat digesekkan ke mesin ATM atau EDC.

Kartu kredit yang rusak juga menganggu aktivitas yang kamu lakukan sehari-hari, misalnya tidak bisa membayar makanan di restoran atau tempat lainnya karena kartu kredit ditolak, atau ketinggalan diskon dari sebuah produk yang kamu idam-idamkan karena kartu kredit tidak bisa digunakan. Bukankah sangat mengesalkan?

Chip pada kartu kredit merupakan salah satu faktor penyebab utama yang sering kali mengalami kerusakan. Jika kartu kredit sudah terlanjur rusak, nasabah bisa menggantinya dengan biaya paling sedikit Rp 50 ribu. Namun apabila kartu kredit belum benar-benar rusak, kamu masih dapat mencegah kerusakan kartu kredit tersebut mulai dari sekarang.

Dilansir dari Danaxtra, terdapat 5 tutorial, trik dan tips sederhana menjaga kartu kredit agar tak cepat rusak terbaru tahun 2018. Apa saja itu? Berikut ulasannya yang mungkin bisa membantu Anda.

1. Bersihkan Chip Kartu Kredit dengan Penghapus Pensil

Di dalam kartu kartu kredit terdapat elemen penting untuk penyimpanan data yaitu chip yang berwarna kuning. Jika chip mengalami gangguan dan tidak berfungsi, maka seluruh data yang tersimpan tidak bisa terbaca. Hal itulah yang menyebabkan gagalnya transaksi saat digesekkan ke mesin ATM atau EDC.

Lalu apa solusinya? Jangan panik dan khawatir, kamu dapat menggunakan penghapus pensil untuk membersihkan chip kartu kredit. Gosokkan pada bagian chip emas kartu kredit tersebut untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang menempel pada kartu. Jika sudah, cobalah untuk bertransaksi kembali. Cara ini juga berlaku untuk kartu SIM maupun kartu memori handphone yang tidak terbaca. Jika masih sama dan tidak bisa digunakan, kamu dapat menghubungi pihak penyedia kartu kredit atau menggantinya.

2. Bersihkan dengan Cotton Bud dan Alkohol

Tidak hanya penghapus pensil, kamu juga dapat menggunakan cotton bud dan alkohol untuk membersihkan cip kartu kredit. Caranya cukup mudah, oleskan cotton bud dengan alkohol dan usapkan cotton bud itu secara lembut ke permukaan chip. Tunggu dan diamkan beberapa saat sampai alkohol mengering.

3. Bersihkan Pita Magnetik dengan Tisu Kering

Sensifitas kartu kredit semakin menurun dan menghilang jika disimpan di dalam tas khusus maupun dompet dalam waktu yang cukup lama. Lebih parahnya lagi, jika dompet yang kamu miliki lembab dan kotor. Hal tersebut menjadi faktor utama yang membuat transaksi kartu kredit mengalami kegagalan.

Sebelum benar-benar rusak, cobalah untuk membersihkan bagian pita magnetik (warna hitam) atau magnetik stripe dengan tisu kering. Cara ini wajib dilakukan khususnya jika kartu kredit yang kamu miliki sudah pernah kehujanan atau kebasahan saat beraktivitas. Perlu diingat, jangan pernah sekali-kali membersihkan dan mengambil kotoran yang menempek pada kartu kredit menggunakan kuku atau beda tajam yang lain.

4. Simpan dalam Dompet Khusus atau Setidaknya Lebih Tertutup

Dompet khusus merupakan tempat yang aman dan wajib kamu miliki untuk menyimpan kartu seperti kartu kredit, kartu debit, KTP, SIM, dan kartu penting lainnya. Selain untuk menyimpan dan menghindari kerusakan chip kartu kredit, dompet khusus dapat dicari dengan mudah saat diperlukan jadi kamu tidak perlu bingung nantinya.

Bagaimana jika menyimpan kartu kredit tanpa dompet khusus? Jangan pernah memasukkan kartu kredit ke dalam tas tanpa perlindungan dompet atau menyimpan langsung dalam kantong baju atau saku celana yang biasanya rawan kotor dan kurang bersih. Jika tetap nekat kamu lakukan, beresiko menimbulkan kerusakan chip kartu kredit yang kamu gunakan.

5.  Simpan di Tempat Aman dan Jauh dari Jangkauan Anak-Anak

Kartu kredit merupakan aset penting yang perlu dilindungi dan disimpan dengan baik. Jika disimpan secara sembarangan, berpotensi kartu kredit hilang, dicuri orang, dan rusak. Salah satu faktor yang sering membahayakan kartu kredit adalah anak-anak. Jangan pernah meninggalkan kartu kredit di meja maupun tempat yang bisa dijangkau anak-anak. Jika sudah terlanjur dan dimainkan oleh anak-anak, risiko kartu kredit rusak dan patah semakin besar. Oleh karena itu, jaga kartu kredit dengan baik dan benar. Selalu cek sebelum kartu kredit yang kamu miliki sebelum digunakan untuk transaksi.

Berlangganan Informasi Terbaru Secara Gratis:

0 Response to "5 Tutorial, Trik dan Tips Sederhana Menjaga Kartu Kredit Agar Tak Cepat Rusak Terbaru Tahun 2018"

Post a Comment