5 Alasan Mengapa SEO Sangat Penting untuk Meningkatkan Keuntungan Bisnis Online

Alasan Mengapa SEO Sangat Penting untuk Meningkatkan Keuntungan Bisnis Online

Bisnis online semakin hari kian berkembang dan digandrungi oleh banyak orang. Hal tersebut, lantas membuat pelaku bisnis online melakukan berbagai cara untuk membuat bisnisnya menarik banyak pengunjung, bersaing dengan kompetitor dan menghasilkan keuntungan yang menggiurkan.

Salah satu cara yang wajib dilakukan untuk mendongkrak pengunjung dan meningkatkan keuntungan bisnis online adalah dengan menggunakan bantuan SEO (Search Engine Optimization). Bagi para pebisnis online dan orang-orang yang bekerja di bidang periklanan, SEO merupakan hal yang sangat penting dilakukan dan tidak bisa diabaikan.

Pada umumnya SEO memiki peran penting untuk meningkatkan kata kunci brand atau produk yang kita jual di mesin pencarian seperti google, yahoo, bing dan lain sebagainya agar bisa dijangkau oleh pengguna internet. Jika kata kunci berada di rangking paling atas maka semakin banyak pengunjung yang membuka, sebaliknya jika berada di paling bawah bahkan belum masuk mesin pencarian otomatis sepi pengujung atau tidak ada sama sekali.

Dilansir dari Swara Tunaiku, terdapat 5 alasan mengapa SEO sangat penting untuk meningkatkan keuntungan bisnis online. Bagi kamu yang masih belum paham peran SEO, yuk simak penjelasannya dibawah ini:

1. Harus Lihai dalam Memilih Keyword

Keyword atau kata kunci merupakan tantangan pertama yang harus kamu pelajari untuk menaklukan SEO. Untuk menentukan keyword perlu berbagai macam faktor yang harus diriset, survey dan dipelajari salah satunya mampu mengenal tren pasar. Jika sudah mampu menguasai faktor tersebut, kamu bisa mendapatkan keyword yang tepat, sesuai target market dan tentunya dicari banyak orang.

2. SEO Butuh Konten Berkualitas

Setelah keyword sudah ditentukan, langkah selanjutnya adalah membuat konten artikel yang berkualitas agar mendapatkan hasil SEO yang bagus. Ciri-ciri konten berkualitas meliputi tulisan yang enak dibaca, peletakan keyword rapi, original dan memperhatikan pemilihan diksi. Untuk memenuhi ciri-ciri tersebut, kamu bisa mulai belajar mengasah kemampuan menulis dengan cara perbanyak riset tulisan kompetitor dan lain sebagainya. Perlu diingat, meskipun keyword yang kamu pilih sangat bagus namun jika konten yang kamu buat tidak berkualitas otomatis hasil SEO yang kamu dapatkan semakin buruk.

3. Punya Aturan Ketat pada Cara ‘Ilegal’

Jangan pernah sekali-kali melakukan aktivitas atau cara ilegal untuk mendapatkan hasil SEO yang bagus atau yang lebih dikenal dengan black hat SEO. Alih-alih mendapatkan keuntungan, banyak kerugian yang bisa kamu dapatkan jika google sudah mendeteksi apa yang kamu lakukan. Salah satu kerugian yang kamu dapatkan yaitu situs terblokir dan tidak akan pernah muncul di mesin pencarian.

Hal tersebut, tentu membuat kamu kehilangan ladang untuk berjualan dan mau tidak mau harus rebranding (mengganti brand yang baru). Sebaiknya lakukanlah secara natural (White SEO) untuk mendapatkan hasil SEO yang optimal dan lebih disukai google. Lebih baik fokus ke pelayanan konsumen dibandingkan bermain curang.

4. Cermat Memilih Link untuk Konten

Menambahkan sekitar 3 link eksternal di konten dapat memberi nilai tambah pada SEO, namun sebelum memberi link sebaiknya cermat memilih link untuk konten. Cek dan awasi secara berkala link ekternal yang sudah kamu pasang, bisa jadi link tersebut sudah dihapus oleh pemilik asli atau menunjuk ke situs lain.

5. Perhatikan Perubahan pada Google Panda

Google panda merupakan algoritma buatan google yang berfungsi untuk meningkatkan hasil pencarian dari mesin pencari google. Hingga kini, sistem kerja dan waktu update algoritma google terkesan masih misterius sulit untuk diprediksi. Oleh karena itu, seringlah untuk up to date dan mengecek peringkat situs di search engine setiap harinya apakah naik atau turun. Untuk meminimalisir jatuhnya rangking di search engine, buatlah konten yang orisinil, lakukan secara legal dan keyword yang pas.

Berlangganan Informasi Terbaru Secara Gratis:

0 Response to "5 Alasan Mengapa SEO Sangat Penting untuk Meningkatkan Keuntungan Bisnis Online"

Post a Comment