3 Tips, Trik dan Strategi yang Wajib Dilakukan Sebelum Mengikuti Wawancara Kerja di Bank Terbaru 2018

3 Tips, Trik dan Strategi yang Wajib Dilakukan Sebelum Mengikuti Wawancara Kerja di Bank Terbaru 2018

Untuk memenuhi kebutuhan maupun keinginan yang kita miliki, bekerja adalah hal yang wajib dan suatu keharusan yang harus dilakukan. Ada banyak sekali jenis pekerjaan yang bisa kamu lakukan, yang penting sesuai dengan norma agama dan adat yang berlaku. Salah satu pekerjaan yang menjadi favorit saat ini adalah kerja di bank.

Untuk menjadi pegawai dan bekerja di bank tidaklah mudah, perlu banyak tahapan yang harus kamu tempuh salah satunya wawancara kerja. Sama halnya dengan tes kerja di beberapa bidang lainnya, wawancara merupakan tahapan yang wajib dilakukan untuk menentukan diterima atau tidaknya di perusahaan atau bank. Hal inilah yang membuat sebagian orang tegang dan takut melakukan sesi wawancara. Lalu bagaimana solusinya?

Dilansir dari Cermati.com, terdapat 3 tips, trik dan strategi yang wajib dilakukan sebelum mengikuti wawancara kerja di bank terbaru 2018. Berikut ulasannya yang mungkin bermanfaat untuk anda dan membantu harapan bisa diterima kerja di bank.

1. Kenali Produk Perbankan

Sudah tidak dipungkiri lagi, saat sesi wawancara kerja di bank pasti HRD akan menanyakan produk perbankan yang kamu ketahui dan yang berhubungan lainnya. Oleh karenanya, mengenal produk perbankan sangat penting untuk dipelajari sebelum melakukan wawancara untuk kerja di bank. Jangan takut dan ragu untuk bertanya ke teman, saudara atau orang yang pernah atau sedang bekerja di bank agar bisa menjelaskan apa yang diketahui dari produk perbankan khususnya tempat bank yang kamu lamar.

Berikut ini daftar pertanyaan yang sering muncul di sesi wawancara bank sebagai berikut.
  1. Produk apa saja yang Anda ketahui dari bank ini?
  2. Apa saja kelebihan dan kekurangan bank ini menurut Anda?
  3. Apa yang memotivasi Anda untuk bergabung dengan kami?

Pertanyaan-pertanyan tersebut muncul bukan dengan tidak ada alasan, HRD menguji seberapa besar pengetahuan kamu mengenai bank seperti saja sisi positif dan negatif dari bank, motivasi dan alasan bekerja di bank, dan lain sebagainya. Jangan takut, jelaskan dengan rinci dengan penuh keyakinan agar HRD tertarik dengan jawaban yang kamu berikan. Cari informasi yang akurat mengenai perbankan sebanyak mungkin karena bank hanya merekrut karyawan atau pekerja yang memang ingin sama-sama berkembang bersama mereka.

2. Perhatikan Penampilan Ketika Akan Wawancara

Tidak hanya pengetahuan tentang perbankan, penampilan menjadi faktor paling penting selanjutnya yang mempengaruhi diterima atau tidaknya di tempat bank yang kamu lamar. Sebelum mengikuti sesi wawancara, pastikan berpakaian kemeja yang rapi, wangi tidak berlebihan, menggunakan sepatu yang sesuai dengan kondisi dan lain sebagainya untuk memengaruhi penilaian HRD. Sama halnya dengan beberapa perusahaan lainnya, bank juga ingin lebih tahu seperti apa penampilan dan pribadi kamu secara langsung. Karena itu, ada baiknya persiapkan tahapan ini dengan baik.

3. Bagaimana Jika Ditanya Gaji?

Salah satu hal sensitif yang sangat sulit dijelaskan sebagian orang saat wawancara kerja adalah gaji. Meskipun sulit, masalah gaji harus diperjelas di awal pertemuan sebelum kamu bisa bekerja. Pastikan sebelum wawancara kerja, kamu dapat memberikan jawaban yang mantap dihadapan HRD.

Contohnya?

“Saya mengharapkan gaji yang dapat mencukupi kebutuhan saya dan keluarga”. Sebenarnya jawaban ini sudah sangat baik, tinggal kamu tambah dengan alasan-alasan lain yang lebih mendetail seperti biaya kebutuhan keluarga ayah, ibu, adik, kakek, nenek dan lainnya. Dengan penjelasan yang singkat, padat dan jelas, pastinya HRD akan tertarik dan mengerti mengenai gaji yang diberikan untuk menutupi kekurangan dari kebutuhan tersebut. Meskipun begitu, kemampuan menjadi faktor utama yang menentukan gaji yang kamu dapat, jika mampu menaikkan karir dan jabatan karena kinerja yang bagus tentunya gaji lebih besar dari sebelumnya.

Berlangganan Informasi Terbaru Secara Gratis:

0 Response to "3 Tips, Trik dan Strategi yang Wajib Dilakukan Sebelum Mengikuti Wawancara Kerja di Bank Terbaru 2018"

Post a Comment